Salah Satu Pemicu Penyakit Radang Payudara


Salah Satu Pemicu Penyakit Radang Payudara


Salah Satu Pemicu Penyakit Radang Payudara,- Radang payudara atau infeksi payudara (Mastitis) merupakan salah satu jenis peradangan pada payudara yang disebabkan karena infeksi pada jaringan payudara atau disebabkan karena adanya penyumbatan .

Sebuah penelitian menyebutkan salah satu penyebab terjadinya penyakit radang payudara wanita adalah kuman yang bersarang di mulut pasangannya . "Radang payudara terjadi dikarenakan hisapan suami perokok atau tidak peduli dengan kesehatan dan kebersihan mulutnya," kata seorang peneliti .

Salah Satu Pemicu Penyakit Radang Payudara

Menurut penelitian radang payudara ini bisa disebabkan dari mulut suami tidak sehat . Penyakit ini timbul jika suami Anda menghisap payudara disaat kesehatan dan kebersihan mulutnya tidak terjamin .

Tanda radang payudara bisa bermacam-macam termasuk timbulnya benjolan di sekitar payudara . Benjolan sangat dimungkinkan memerah dan menimbulkan rasa panas dan nyeri .

Memang radang payudara tidak seberbahaya kanker payudara, tapi bukan berarti tidak berdampak buruk bagi payudara anda. Jika sudah akut, maka payudara Anda harus diangkat. Gejalanya juga muncul bencolan pada payudara .

Istilah mastitis payudara berarti radang pada payudara . Gejalanya bermacam termasuk adanya benjolan di payudara . Banyak hal yang menyebabkan terjadinya radang ini termasuk keberadaan kuman .

Jenis dan penyebab radang Payudara

Ada tiga jenis Radang Payudara (Mastitis) yaitu mastitis periductal , mastitis pueperalis , dan mastitis supurativa . Ketiga jenis mastitis ini muncul akibat penyebab yang berbeda dan muncul dalam kondisi yang juga berbeda .

  • Mastitis periductal
Mastitis periductal biasanya muncul pada wanita di usia menjelang menopause , penyebab utamanya tidak jelas diketahui . Keadaan ini dikenal juga dengan sebutan mamary duct ectasia , yang berarti pelebaran saluran karena adanya penyumbatan pada saluran di payudara .

Menurut dr. Samuel J. Haryono, SpB K Onk dari RS Kanker Dharmais , pada wanita usia 45 tahun ke atas atau pada usia memasuki menopause , beberapa pemicu reaksi peradangan ialah perubahan hormonal dan aktivitas menyusui di masa lalu . Faktor penyebab penyumbatan yang utama ialah jaringan yang mati dan air susu itu sendiri .

Tumpukan jaringan mati dan air susu di saluran payudara ini menyebabkan buntunya saluran dan pada akhirnya malah melebarkan saluran di belakangnya, yang biasanya terletak di belakang puting payudara . Hasil akhirnya ialah reaksi peradangan yang disebut mastitis periductal.

  • Mastitis pueperalis
Jenis kedua ialah mastitis pueperalis atau disebut juga lactational mastitis , jenis ini banyak diidap wanita hamil atau menyusui . Menurut dr. Samuel , sekitar 90 persen penyebab utama mastitis jenis ini ialah akibat kuman yang menginfeksi payudara ibu . Hal ini dikarenakan air susu merupakan media yang subur bagi pengembang biakan berbagai jenis kuman .

Jenis kuman yang paling umum ditemui pada mastitis jenis ini ialah Staphylococcus aureus , yang bisa ditransmisi ke puting ibu melalui kontak langsung . Ibu yang sedang menyusui , bisa mendapatkan kuman ini dari kontak dengan mulut bayi , tapi bisa juga dilakukan penularan sebaliknya , dari ibu ke bayi melalui plasenta .

“Asal kuman pastinya dari kontak langsung antara puting dengan dunia luar , baik itu dari mulut bayi atau mulut suaminya , apalagi pada orang dengan kesehatan mulut rendah seperti mulut dari pengisap rokok,” tutur dokter spesialis bedah onkologi ini .

  • Mastitis supurativa
Jenis terakhir ialah mastitis supurativa . Mastitis jenis ini ialah yang paling sering ditemui . Mirip dengan jenis sebelumnya , mastitis jenis ini juga disebabkan kuman staphylococcus . Selain itu bisa juga disebabkan oleh jamur , kuman TBC , bahkan sifilis .

Pria bisa terkena

Tidak hanya wanita, Menurut dr. Samuel, mastitis payudara bisa menimpa siapa saja , tidak hanya kaum perempuan . Infeksi payudara juga bisa terjadi pada pria , misalnya pada pria yang terkena infeksi kuman karena melakukan tindik di daerah puting .

Selain itu pria dengan pembengkakan payudara atau yang dikenal dengan sebutan ginekomasti juga rentan terkena mastitis meskipun kecil sekali kemungkinan berkembang jadi kanker payudara .

Salah Satu Pemicu Penyakit Radang Payudara

Peringatan juga ditujukan bagi perempuan yang melakukan suntik silikon atau injeksi kolagen untuk memperindah bentuk payudara . “Reaksi tubuh terhadap benda asing seperti implant silikon dan kolagen bisa beragam diantaranya mengakibatkan pengerasan jaringan payudara akibat reaksi jaringan ikatnya atau peradangan di payudara bila terinfeksi kuman ” jelas dr. Samuel .

Kunci pencegahan yang utama ialah dengan menjaga kesehatan payudara dan memelihara payudara yang ‘cantik dan sehat’. Jadi, mulailah perhatikan kesehatan payudara Anda, jangan semata-mata hanya mengutamakan penampilan/ keindahannya saja .

1 komentar: